Logo Sekolah

SMPN 1 BABALAN

JL. PENDIDIKAN PANGKALAN BERANDAN

Berita Terbaru

Format Tanggal Untuk Export Import Data Siswa dari DAPODIK Ke SIAP Sekolah

June 9, 2013 by   - dibaca 1,311 kali tinggalkan pesan

formattanggaldapodik

Iseng hari ini karena mau memasukkan data siswa ke SIAP Sekolah, akhirnya menemukan yang ini.

  1. Mengatur atau Mengganti Format Tanggal
    Untuk bisa mengatur atau mengganti format tanggal, bisa dilakukkan pada Dialog Box Format Cell pilih tab Number kemudian pilih Category Date. Cara membuka Dialog Box Format Cell bisa dilakukkan dengan : lihat pada Ribbon Home >> Number Group, kemudian klik pada Dialog Box Launche Dialog Box Launche atau dengan cara klik kanan pada data tanggal yang mau dirubah atau diganti formatnya kemudian pilih Format Cell.
  2. Menggabungkan Penulisan Tanggal dari Data Tanggal (Tanggal, Bulan dan Tahun) Yang ditulis Secara Terpisah.
    Bentuk Fungsi yang digunakan adalah =DATE(year;month;day). Misalnya atas keperluan pengolahan data Anda menuliskan tanggal, bulan dan tahun secara terpisah yaitu pada sel A2 berisi data tanggal saja yaitu 12, pada sel B2 berisi data bulan saja yaitu 03 dan pada sel C2 berisi data tahun saja yaitu 2012 maka untuk menggabungkan penulisan nya menjadi bentuk tanggal yang utuh (misalnya pada sel D2) ketikkan fungsi atau rumus =DATE(C2;B2;A2) pada sel D2 dan akan menghasilkan 12 Maret 2012.
  3. Mencari atau Menampilkan Nilai Seri atau Format Text
    Bentuk Fungsi yang digunakan adalah =DATEVALUE(date_text). Maksud dari Nilai seri adalah seperti yang dijelaskan diatas yaitu misalnya pada sel A2 berisi data tanggal 12 Maret 2012 maka dengan mengetikkan fungsi =DATEVALUE(A2) akan menghasilkan 40.980. Cara ini bisa juga Anda lakukan dengan langsung mengganti Format Datanya yaitu dengan mengganti Format Date menjadi Format Text.
  4. Mencari atau Menampilkan Nilai Tanggal Saja
    Yaitu menggunakan Fungsi =DAY(serial_number). Dengan menggunakan contoh pada Angka 3 maka penggunaan fungsi =DAY(A2) akan menghasilkan 12.
  5. Mencari atau Menampilkan Nilai Bulan Saja
    Yaitu dengan menggunakan Fungsi =MONTH(serial_number). Dari contoh pada angka 3, misalnya kita akan mengambil bulan nya saja maka fungsinya adalah =MONTH(A2) dan akan menghasilkan 3.
  6. Mencari atau Menampilkan Nilai Tahun Saja
    Yaitu dengan menggunakan Fungsi =YEAR(serial_number). Misalnya kita terapkan di contoh pada angka 3 yaitu dengan menuliskan fungsi =YEAR(A2) akan menghasilkan 2012.
  7. Mencari atau Menampilkan Nama Hari dan Nama Bulan
    Fungsi yang digunakan adalah =TEXT(value;format_text). Format text untuk menampilkan nama hari adalah “DDDD” dan untuk menampilkan Nama Bulan adalah “MMMM”. Contoh penggunaannya misalnya dari contoh pada angka 3, untuk menampilkan nama hari, penulisan fungsinya adalah =TEXT(A2;”DDDD”) akan menghasilkan nama hari yaitu Senin dan untuk menampilkan Nama Bulan saja ketikkan fungsi =TEXT(A2;”MMMM”) dan akan menghasilkan nama bulan yaitu Maret.

Nomor 7, sangat efektif mengubah tanggal yang kita export dari DAPODIK dengan format seperti ini 26/09/2000  0:00:00, dan harus diubah ke format YYYY-MM-DD.

Selamat mencoba.

Sumber : http://www.keranmedia.com/2012/03/data-tanggal-tips-micorosoft-excel.html

Komentar
Tinggalkan Pesan
Name (required)
Email (required)
Website
Captcha
Enter text above
Layanan ini diselenggarakan oleh TELKOM SOLUTION untuk dunia pendidikan di Indonesia. Mari kita majukan
bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna pada dunia pendidikan Indonesia.